Indonesia Flag Orb Widget edited by super-bee

Selasa, 20 Desember 2011

Bima Sakti

     Bimasakti atau Milky Way adalah galaksi tempat sistem tata surya kita berada. Galaksi ini memiliki sekitar 100 miliar bintang, termasuk matahari. Selain bintang, Bimasakti juga tersusun atas awan, gas dan debu, baik yang berwarna gelap maupun berwarna cemerlang. Para ahli astronomi memperkirakan massa total Bimasakti sekitar 200 milyar kali dari matahari.
     Pada malam hari, Bimasakti tampak seperti sabuk bercahaya putih yang samar-samar membentang di langit. Nama Milky way sendiri berasal dari mitologi yunani kuno yang mengatakan bahwa sabuk cahaya tersebut bearasal dari air susu hera, istri dari dewa zeus. awan gas dan debu yang berukuran besar secara terus menerus membentuk bintang-bintang baru.
     apabila di lihat dari garis lintang utara agak ke tengah, bima sakti tampak sangat jelas pada malam yang cerah dan tidak berbulan. galaksi ini nampak seperti sabuk bercahaya yang mengelilingi langit dari horison timur laut hingga horison tenggara. bima sakti terlihat membentang melalui konstelasi perseus, cassiopeia, dan cepheus. bagian paling terang dari bima sakti terbentang dari rasi scutum sampai scorpio melalui sagitarius.
     pusat bima sakti terletak pada rasi sagitarius. sistem tata surya kita sebenarnya tidak tepat berada di tengah-tengah bima sakti, tetapi agak ke pinggir dengan jarak sekitar 27.000 thn cahaya dari pusat bima sakti (1 thn cahaya = 9,46 triliyun km). print Print

Tidak ada komentar:

Posting Komentar