Indonesia Flag Orb Widget edited by super-bee
Loading...

Minggu, 18 Desember 2011

Benua Amerika



Apabila kita bicara tentang “penemuan”, maka biasanya kita mempunyai maksud tertentu dalam pikiran kita. Kita artikan bahwa orang-orang dari satu peradaban telah datang ke suatu daerah di mana belum ada dari rekan sejawat mereka yang pernah berkunjung ke situ sebelumnya. Seperti kita ketahui, seorang penjajah sering menemukan sejumlah orang dan suatu peradaban yang sudah berdiri di tempat yang ia “temukan” itu.

Lalu mengapa tidak kita katakan bahwa orang-orang ini telah menemukan tempat ini sebelumnya.

Dari segi pandang dunia Barat, maka dikatakanlah bahwa Columbus adalah penemu benua Amerika. Pendapat ini bertolak pangkal dari suatu pernyataan bahwa setelah ia menemukan benua baru itu, maka mulailah benua itu dikunjungi orang dan akhirnya dihuni oleh orang-orang dari benua lama.
Tetapi 500 tahun sebelum Columbus lahir, orang-orang Nirse telah melakukan sedikit "penemuan" juga. Mereka berlayar arah ke barat dan menemukan Eslandia, Greenland, dan kemudian daratan Amerika.

Tahukah anda bahwa orang-orang Tionghoa telah bercerita tentang kisah perjalanan yang pernah dilakukan oleh pelaut-pelaut Cina dan menemukan apa yang sekarang disebut California? Orang-orang dari kepulauan Laut Selatan sampai sekarang masih menyanyikan lagu yang memuji orang-orang kuat dari masa lampau yang telah berlayar dengan perahu mereka ke Amerika Selatan, jauh sebelum orang-orang kulit putih mendarat di Amerika Selatan atau kepulauan Laut Selatan?

Yang pasti kita ketahui ialah bahwa telah terjadi penjelajahan selama beribu-ribu tahun yang lampau. Pasti telah terjadi banyak peristiwa penjajagan ke tempat-tempat yang belum dikenal orang sebelum masa Columbus menemukan Amerika.
Mungkin saja kita bisa berkata bhawa bukan Kolumbus atau bangsa Norse yang menemukan Amerika itu, sebab bukankah orang-orang Indian sudah hidup di benua itu berabad-abad lamanya sebelum orang kulit puih mendarat di benua itu?
Siapa bisa mneyangkal kemungkinan bahwa mereka pun telah datang ke tempat ini melalui suatu perjalanan berdasarkan penemuan pula? Mereka itu diduga berasal dari benua Asia, sekalipun kita tidak tahu kapan atau bagaimana mereka telah melakukan perjalanan itu. Mungkin mereka datang di benua Amerika itu selang beberapa abad sebelumnya dengan cara berbeda-beda arah, sehingga mereka terpencar-pencar jadinya. Juga kemungkinn besar mereka senantiasa mengirim pelopor mereka terlebih dahulu untuk menjajagi jalan yang akan mereka tempuh itu, baik lewat laut atau darat.

Maka pelopor-pelopor ini adalah penjelajah, sehingga mereka inilah sesungguhnya yang dapat kita sebut sebagai penemu pertama benua Amerika.

print Print

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar